Sunday, March 15

Kecurangan di kalangan Mahasiswa

BAB I


PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG

Kecurangan identik dengan ketidak jujuran. Sama dengan licik, meskipun tidak serupa benar. Curang adalah apa yang diinginkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atau dengan hati nuraninya. Berbuat curang dapat mengakibatkan keserakahan, agar bisa dianggap sebagai orang yang hebat,  dan bisa segalanya. Berbuat curang adalah perbuatan yang tidak diridhoi oleh Allah. Apabila seseorang didalam hatinya memiliki rasa tamak, iri, dengki pasti seseorang tersebut akan melakukan kecurangan

Rumusan masalah

1.       Mengapa mahasiswa melakukan kecurangan ?
2.       Apa dampak dari kecurangan ?
3.       Bagaimana cara mahasiswa melakukan kecurangan ?

Tujuan

1.       Untuk mengetahui sebab sebab lebih lanjut terjadinya kecurangan dikalangan mahasiswa.
2.       Untuk mengurangi tindak kecurangan dikalangan mahasiswa



BAB II

PEMBAHASAN

Kecurangan yang terjadi dikalangan mahasiswa sulit untuk dihindari, karena tuntutan akademik yang semakin keras. Di zaman sekarang, angka yang terdapat di daftar nilai (IPK) jauh lebih penting dari pada ilmu yang didapatkan. Padahal banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan non akademik dan kemauan kuat, namun IPKnya rendah. Hal inilah yang merupakan penyebab utama semakin banyaknya kecurangan di kalangan mahasiswa. Biasanya kecurangan yang sering dilakukan oleh mahasiswa/pelajar adalah menyontek. Akibat dari pelajaran yang makin sulit dan waktu yang kurang untuk mengerjakan tugas tugas maka cara yang paling mudah untuk melakukan kecurangan adalah dengan menyontek. Karena banyak mahasiswa yang mempunyai pikiran pendek, mereka akan melakukan kecurangan tersebut karena pelajaran yang susah dan sulit untuk dimengerti.
Akibat dari kecurangan yaitu dengan menyontek mahasiswa semakin malas, karena malas dapat menyebabkan kebodohan. Dan akibat kecurangan dengan menyontek tersebut mahasiswa mahasiswa berfikiran bahwa semua tugas yang diberikan oleh guru/dosen mereka mudah. Karena mereka bisa mengandalkan satu orang temannya yang rajin/pintar untuk mengerjakannya atau mereka langsung meng-copy paste dari internet tanpa dipahami sebelumnya. Semakin kurangnya pengawasan maka mahasiswa tersebut lebih mudah untuk melakukan kecurangan. Jadi kebayakan mahasiswa hanya mengejar nilai IP mereka dibanding dengan kemampuan yang dimilikinya.
Banyak cara yang dilakukan untuk mahasiswa melakukan kecurangan yaitu dengan mencontek. Banyak cara yang dilakukan mahasiswa untuk menyontek yaitu dengan memberikan kode kode tertentu pada temennya, dengan menulis catatan dikertas kecil untuk dipakai saat ulangan/ quiz. Atau dengan cara mereka browsing dengan hp mereka. Dan juga sekarang bisa memfotocopy perkecil catatan atau bukunya.

BAB III


PENUTUP

KESIMPULAN

Banyak sekali cara yang dilakukan mahasiswa dengan melakukan kecurangan yaitu dengan menyontek. Karena semakin padatnya jadwal dan sulitnya pelajaran maka cara negatif yang mudah dilakukan yaitu dengan menyontek orang lain. Menyontek dapat mengakibatkan malas untuk belajar dan berkreativitas, karena kebiasaan menyontek dapat menyebabkan kurangnya percaya diri dengan hasil sendiri. Dan hanya karena sekali menyontek/berbuat kecurangan maka akan kecanduan. Maka hindarilah perbuatan curang.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014 Kiki RA